Cara Memasak Tongseng Ayam yang Sedap dan Lezat


Cara Memasak Tongseng Ayam – Tongsẹng ayam mẹrupakan salah satu masakan yang mẹmiliki kuah sẹdap dan lẹzat, biasanya masakan tonsẹng idẹntik dẹngan bahan utama dari daging sapi atau daging kambing. Namun untuk rẹsẹp masakan tongsẹng kali ini mẹnggunakan dari daging ayam, yang tẹntunya daging ayam sangat mudah kita dapatkan. Untuk rasa sama sẹdap dan lẹzat sẹpẹrti halnya dẹngan masakan tongsẹng pada umumnya, tongsẹng ayam ini mẹrupakan makanan yang khas dari jawa tẹpatnya dari jawa tẹngah. Karẹna rasanya yang lẹzat mẹmbuat masakan yang satu ini sudah kẹluar daẹrah yang lainnya, bukan hanya saja rasanya yang sẹdap dan lẹzat akan tẹtapi tẹkstur dari daging ayamnya tẹrasa ẹmpuk dan tẹntu saja bumbunya mẹrẹsap sampai kẹdalam daging ayam.
Cara Memasak Tongseng Ayam
Cara Memasak Tongseng Ayam

Berikut Bahan dan Bumbunya :
1/2 kilogram daging ayam, dipotong sesuai selera
1 batang daun bawang, diiris
250 ml santan kelapa kental
1/4 buah bunga kol, diiris
3 buah tomat merah segar, diiris
1 batang serai, dimemarkan
2 biji kemiri
1/2 sdt ketumbar bubuk
5 biji bawang merah
5 biji cabe keriting
2 sdt garam
2 biji bawang putih
1 sdt gula pasir
1 sdm merica bubuk
400 ml air putih
Minyak goreng secukupnya

Berikut Cara – Cara Memasak Tongseng Ayam :
Pertama haluskan bumbu-bumbu seperti cabe, bawang merah, bawang putih, merica serta ketumbar sampai halus. Kemudian tumislah bumbu tersebut sampai harum.
Setelah itu masukkan santan serta air kedalam bumbu tumisan diaduk sampai merata, lalu masukkan garam, gula pasir serta kecap manis secukupnya diaduk sampai merata dan masak sampai mendidih.
Masukkan potongan daging ayam dan batang serai kedalam masakan, dan masak sampai matang. Kemudian masukkan bunga kol yang sudah dipotong-potong lalu masukkan juga irisan tomat serta irisan daun bawang, diaduk sampai merata dan masak sampai kuahnya sedikit menyusut. Angkat.
Tonseng ayam siap untuk disajikan.

Sumber : http://www.dapurshofie.com/cara-memasak-tongseng-ayam-sedap-dan-lezat/