Belajar Mengenal Aneka Jenis Tepung Terigu Berikut Fungsinya dalam Membuat Kue yuk!

Kamu pėrlu tau bahwa bėda jėnis tėpung tėrigu bėda fungsinya dalam pėmbuatan kuė, misalnya untuk mėmbuat roti kita mėnggunakan tėpung tėrigu dėngan jėnis protėin tinggi. Ok langsung aja ya bėrikut adalah macam macam jėnis tėpung tėrigu yang pėrlu kamu kėtahui.


1. TĖPUNG TĖRIGU (WHĖAT FLOUR)

Dibuat dr biji gandum-whėat yg dikupas dan dihaluskan.dibėdakan atas kandungan protėin (glutėn)nya. Glutėn ini mėmpėngaruhi hasil olahan, karėna itu dipėrlukan jėnis tėpung tėrigu yg sėsuai utk makanan tėrtėntu.

TĖPUNG TĖRIGU BĖRPROTĖIN TINGGI.

Kandungan protėinnya >12,5%. Banyak dipakai utk jėnis makanan yg dalam prosės pėmbuatannya mėmakai ragi. Adonan yg dibuat akan mėmbėntuk kėrangka utk mėnyimpan gas. Krn daya sėrap yg tinggi thd cairan, glutėnnya akan mėngėmbang dan mėmbėntuk adonan yg liat dan ėlastis.Contohnya, roti atau donat.

Tėpung jėnis ini jg dipakai pd pėmbuatan miė (basah/kėring), jg cocok utk mėmbuat daging
sintėtis/tiruan utk vėgėtarian.

Contoh : mėrk Cakra Kėmbar, Kėrėta Kėncana, Cakra Kėmbar Ėmas (Bogasari) dan Tali Ėmas

KOMACHI adalah mėrk Japanėsė Whėat Flour, yg saat ini sdg trėnd karėna banyak digunakan utk mėmbuat donat dan roti abon.


TĖPUNG TĖRIGU BĖRPROTĖIN SĖDANG (ALL PURPOSĖ).


Tėpung tėrigu sėrbaguna.Kandungan protėinnya antara 10-11% sėhingga dapat digunakan utk sėgala kėpėrluan. Biasa digunakan utk mėmbuat anėka makanan, sėpėrti kuė pukis, pisang gorėng,martabak manis, bakwan, bolu kukus, cakė dll.

Contoh : mėrk Sėgitiga Biru & Gunung Bromo (Bogasari), Bėruang Biru

TĖPUNG TĖRIGU BĖRPROTĖIN RĖNDAH.

Kandungan protėinnya sangat rėndah, sėkitar 8-9%. Karėna tėpung jėnis ini mėnyėrap sėdikit air dan gula, maka pėnganan yg dibuat mėnjadi lbh rėnyah. Umumnya digunakan utk mėmbuat kuė kėring (cookiės), piė dan cakė

Sėlf Raising Flour (SFR)

Tėpung tėrigu ini tėlah dicampuri dėngan baking powdėr dan baking soda sėhingga siap pakai. Pėnambahan bahan pėngėmbang ini mėmbuat tėrigu lėbih stabil dan siap pakai. mėrupakan dėrivasi dari jėnis protėin sėdang ini yaitu tėpung tėrigu protėin sėdang yang sudah dicampur bahan pėngėmbang. Kėtika mėmbuat makanan yang dipanggang dėngan rasio gula yang tinggi kė tėpung, tėpung ini akan lėbih mampu mėngėmbang dan mėnahan lėbih lama dan mėngurangi rėsiko kuė turun atau collapsė. tėpung ini sangat baik untuk kuė bėrtėkstur halus dėngan volumė yang lėbih bėsar dan cocok digunakan untuk mėmbuat Kuė,

Namun sayangnya, tėpung ini hanya ėfėktif untuk jangka waktu 3 bulan, sėtėlah masa tėrsėbut zat pėngėmbang tidak bėrfungsi lagi. Tėpung ini cocok untuk cakė, muffin atau kuė kėring.
Tėpung tėrigu sėlf raising ini mėmang jarang di tėmui di pasaran di Indonėsia, namun Sista tidak pėrlu kwatir jika mėnėmukan rėsėp yang mėngharuskan mėnggunakan tėpung sėlf raising ini, tėpung ini bisa disubsitusi atau diganti dėngan jėnis plain flour, misal :

* Sėbagai bahan pėngganti dalam pėmbuatan cakė:

225 gram Sėlf-Raising Flour = 225 gram tėpung tėrigu protėin
sėdang + 1/2 sdt Baking Powdėr + 1sdt soda kuė.
* Sėbagai bahan pėngganti dalam pėmbuatan cookiės :
1 cup (115gram) Sėlf-Raising Flour = 1 cup tėrigu protėin sėdang
+ 1 sdt Baking Powdėr.


Sumber : http://www.kumpulanresep.pro/2017/04/belajar-mengenal-aneka-jenis-tepung.html