Inilah 7 Manfaat Minum Teh tanpa Gula Setiap Hari yang jarang Kita Ketahui.


Teh yang tanpa gula sering diistilahkan dengan bahasa teh tawar karenanya rasanya yang memang tidak manis alias tawar.
Jika Kita membeli minuman jenis ini di warung, restoran dan yang semacamnya, harganya relatif lebih murah dibanding teh manis. Hal ini utamanya berlaku jika Anda membeli minuman ini di daerah Sumatra atau Jawa. Pelayan warung atau restoran tersebut biasanya akan terlebih dahulu menanyakan apakah Anda memesan teh manis atau teh tawar.
Beda halnya dengan di tempat lain, memesan teh hampir selalu diartikan memesan teh manis dengan campuran gula di dalamnya.
Belakangan ini memang penggunaan gula pasir dalam teh dan kopi juga mulai dikurangi disebabkan seiring meningkatnya jumlah angka pada penderita penyakit diabetes, termasuk teh dan kopi yang tersedia dalam bentuk kemasan dan siap saji.
Para penderita ini biasanya harus mengganti gula pasir dengan gula yang memang rendah kalori yang tersedia dalam sebuah kemasan dan tetapi sayangnya dijual dengan harga yang relatif lebih mahal.
Karena hal itulah, tidak banyaknya masyarakat yang dapat dengan muda mengakses gula yang rendah kolesterol ini.
Kemudian alternatif meminum teh tanpa gula pun ada, Kita mengingat hingga saat ini, teh tersebut masih menjadi minuman yang favorit ditengah masyarakat Indonesia sendiri khususnya. Selain ekonomis, teh tawar atau teh tanpa gula  juga ternyata memiliki beberapa manfaat untuk sebuah kesehatan dan beberapa di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Menjaga Kesehatan Gigi
Jika Anda memerhatikan sebuah iklan pasta gigi atau bahkan dalam sebuah kemasannya, Anda pasti akan selalu  melihat dan bertemu dengan zat yang bernama flouride yang berfungsi untuk menyehatkan gigi. Zat yang demikian itu juga terdapat dalam teh sehingga  ketika mengkonsumsi teh juga dapat bermanfaat untuk memelihara kesehatan gigi.
Belum lagi, teh sejatinya juga memiliki kandungan zat flavanoid yang berfungsi untuk meningkatkan asam email pada gigi dan anti bakteri. hal ini pulalah yang membuat konsumsi teh sangat efektif untuk mengurangi bau mulut.

2. Mampu Mengurangi Stress
Konsumsi teh dengan cara yang teratur juga terbukti dapat mengurangi tingkat hormon kortisol yang memang dapat menyebabkan  terjadinya stres. Namun demikian, hal ini bisa terjadi jika anda mengkonsumsi rutin sedikitnya 5 Minggu dengan minimal 4 cangkir teh setiap harinya. Dengan normal jumlah yang demikian, 20% kortisol dapat terkurangi sehingga peminum teh akan lebih terhindari dari yang namanya stress dan lebih optimis untuk memandang kearah hidup serta mampu menghadapi berbagai  bentuk sebuah persoalan.

3. Dapat Menurunkan Berat Badan
Ada banyak yang telah membuktikan bahwasannya dengan mengkonsumsi minimal 3-4 cangkir teh tawar dalam sehari dapat sangat membantu dalam hal  menurunkan berat badan secara signifikan. Hal ini berhubungan dengan adanya kandungan dalam teh yang bebas kalori, terkecuali jika dicampur dengan zat-zat lain seperti gula dan krim atau  bahkan dengan susu.
Dibanding mencoba cara alternatif lain yang tidak alami, mahal dan bahkan bukan tak mungkin dapat berbahaya, cara ini tentulah cukup solutif dan efektif.
Meski begitu, jika Anda memang memiliki program untuk menurunkan berat badan, maka ada baiknya untuk konsumsi teh hijau dibanding macam teh yang lain.
Karena manfaat dari teh hijau lebih terbukti dan dipercaya secara luas dapat menunda perut lapar. Pastikan juga tidak mencampurinya dengan bahan apapun ke dalam teh semisal gula atau susu karena campuran yang demikian memang akan mengurangi bahkan meniadakan manfaat dari teh tersebut.


4. Mampu Membantu Mencegah dan Mengobati Tumor (dan Kanker)
Kandungan zat polifenol dan zat antioksidan didalam teh tersebut amat sangat bermanfaat dalam mencegah maupun mengobati penyakit kanker dan tumor. oleh karena itu, konsumsi teh tawar secara rutin dapat bermanfaat  untuk keperluan pencegahan.

5. Menjaga Kesehatan Tulang
Teh juga sangat efektif dalam menjaga kesehatan seluruh tulang karena kandungan asam amino yang dimilikinya.
Kandungan tersebut dapat membantu pembentukan protein dalam tubuh yang nantinya memang sangat berfungsi sebagai pembentukan dan pemeliharaan kesehatan tulang, rambut, kulit serta otot. Fungsi yang demikian semakin didukung oleh kandungan manfaat vitamin D dalam teh. sehingga tulang dapat benar-benar terjaga hanya dengan rutin mengkonsumsi teh.


6. Mengendalikan Kadar Gula Darah
Teh memiliki kandungan zat mangan (Mn) yang sangat efektif sebagai pembantu dalam penguraian zat gula dan mengubahnya menjadi sebuah energi. Maka dari itu, kandungan zat mangan juga sangat berguna dalam menjaga kadar gula dalam darah agar tetap berada dalam posisi yang normal. Seperti diketahui, kelebihan zat kadar gula dalam darah dapat menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit mulai dari diabetes, gangguan jantung dan penyakit lainnya.

7. Mencerahkan Wajah
Kandungan antioksidan yang ada dalam teh dapat membuang beberapa racun yang menempel pada kulit wajah dan sebagai menangkal radikal bebas. Kemudia selain itu, manfaat minum teh tanpa gula memiliki rooibos yang penuh dengan manfaat vitamin C, manfaat magnesium dan manfaat seng untuk menghilangkan bintik kecokelatan yang sering muncul di area wajah. Manfaat yang demikian utamanya terdapat dalam teh hijau atau teh hitam.

Selamat mencoba..