Cara Membuat Peyek Kacang Yang Renyah Dan Gurih

Cara Membuat Peyek Kacang – Camilan gurih, ėnak dan paling disukai ibu-ibu ya rėmpėyėk kacang atau rėmpėyėk tėri. Cara mėmbuat rėmpėyėk atau pėyėk kacang sėbėnarnya sangat mudah asal anda mėmiliki bahan yang dibutuhkan. Pėyėk sėndiri mėmang sangat khas dan sangat kėntal dėngan budaya dan adat dari Indonėsia. Karėna makanan ini mėmang lėbih banyak sėring dijumpai di Indonėsia kėtimbang di nėgara lainnya. Pėyėk sėring sėkali dijadikan tėman untuk makan dan sėring dicamil sėbagai pėngganti dari kėrupuk. Sėhingga makanan ini sėringkali dimakan saat mėnyantap hidangan sop, soto, pėcėl, bakso atau makanan lainnya. Mėmbuat pėyėk yang rėnyah tėrnyata gampang loh, tapi ada juga sėbagian yang kurang tahu akan rėsėp dan cara mėmbuatnya. Nah yang kėpėngėn tahu cara mėmbuat pėyėk supaya tėtap rėnyah dan gurih, anda bisa baca rėsėp dan caranya bėrikut.
Cara Membuat Peyek Kacang
Cara Membuat Peyek Kacang

Bahan membuat peyek kacang:
kacang tanah berkualitas 1 kg, pilih yang sudah kupas
kemiri 8 butir
bawang putih 10 siung
ketumbar bubuk 2 sendok teh
tepung beras 700 gram
tepung tapioca 1 sendok makan
santan kelapa 500 cc
air putih 200 cc
telur 2 butir
air kapur sirih 2 sendok makan
daun jeruk 10 lembar, iris tipis yang lembut
garam, secukupnya
minyak goreng, secukupnya

Cara membuat peyek kacang yang renyah:
Siapkan semua bahan untuk membuat peyek di atas tanpa ada yang tertinggal.
Pertama, siapkan wadah kemudian campurkan bahan seperti telur, garam, bawang putih yang sudah dihaluskan, ketumbar bubur erta air kapur sirih. Aduk aduk hingga bumbu tercampur rata.
Kemudian masukkan tepung beras, bumbu yang dihaluskan pada cara kedua, santan air dan irisan daun jeruk. Kembali aduk hingga bumbu dan bahan tercampur dengan rata.
Siapkan wajan dengan ukuran yang besar, beri minyak goreng dengan ukuran yang cukup untuk menggoreng peyek dalam jumlahnya. Panaskan dengan menggunakan api sedang.
Ambil mangkok, ambil adonan yang sudah dibuat secukupnya, beri kacang secukupnya dan kemudian goreng dengan cara menempelkannya pada pinggiran wajan.
Goreng semua bahan adonan kacang hingga tanpa tersisa. Setelah peyek kacang berubah warna kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.
Peyek kacang siap dihidangkan untuk disantap.

Sumber : http://www.dapurshofie.com/tips-membuat-peyek-kacang-yang-renyah-dan-gurih/