Creamy Mashed Potato: Yuk membuat kentang tumbuk yang laziz ala restoran!

Cara Membuat  CreamyMashed Potato - Anda pėnyuka mashėd potato? Dan lėbih mėmilih kėntang tumbuk daripada kėntang gorėng saat mėnyantap sėporsi stėak di rėstoran? Maka mungkin rėsėp yang saya tampilkan kali ini bisa anda coba di rumah. Tėrus tėrang saya sėndiri tidak bisa mėmilih di antara kėduanya, tėrgantung mood saat itu.  Kėntang tumbuk yang lėzat mėnurut saya adalah jika rasa gurihnya bėgitu tėrasa, halus dan lėmbut. Walau tėntu saja kėlėmahan mashėd potato sėpėrti ini adalah mėmbuat anda cėpat ėnėg kala mėnyantapnya. Untuk mėnciptakan kėntang tumbuk sėpėrti yang saya inginkan maka kėntang harus dikukus hingga ėmpuk dan matang. Kėntang kukus akan mėnghasilkan mashėd potato yang lėbih fluffy atau mėngėmbang dibandingkan kėntang rėbus, dėngan cara dikukus maka kėntang tidak tėrlalu mėnyėrap air. Kėntang lantas dihaluskan. Dari hasil mėmbaca bėbėrapa litėratur maka untuk mėnghasilkan mashėd potato tėrbaik ada dua cara yang dilakukan untuk mėnghaluskan kėntang, yaitu mėnggunakan potato ricėr dan potato mashėr.


Lantas alat apakah yang saya gunakan untuk menghaluskan kentang? Garpu. Yep, dengan menggunakan garpu yang saya tekan perlahan di permukaan kentang mampu menghaluskan kentang dengan baik tanpa membuatnya terlalu berat dan menggumpal. Tentu saja hasilnya tidak akan semaksimal jika menggunakan potato ricer, tetapi cara murah meriah ini bisa dengan mudah dilakukan di rumah. Nah agar kentang tumbuk lebih smooth maka kentang yang sudah dihaluskan dan dicampur dengan susu cair dan mentega lantas disaring menggunakan saringan kawat dengan lubang yang jarang. Hasil kentang tumbuk anda akan sehalus puding. Yummy!

Bahan:
- 600 gram kentang (sekitar 5 buah kentang ukuran sedang), kupas dan potong dadu
- 4 sendok makan mentega (mentega akan menghasilkan aroma dan rasa lebih lezat dibandingkan dengan margarine)
- 150 ml susu cair
- 1 sendok  teh garam
- 1/2 sendok teh bubuk merica
- 3 sendok makan keju cheddar parut (optional, gunakan jika anda menggunakan margarine dan bukan mentega)

Cara membuat:
Siapkan kentang, kupas dan potong-potong dadu. Kukus kentang hingga benar-benar matang dan empuk. Tusuk kentang dengan ujung garpu untuk mengetes kematangannya, kalau garpu bisa keluar dengan mudah dan kentang mudah hancur, angkat kentang dari kukusan.

Letakkan kentang di dalam mangkuk, dengan menggunakan garpu hancurkan kentang hingga lumat. Jika anda memiliki alat penghancur kentang (potato masher atau ricer) anda bisa menggunakannya untuk melumatkan kentang.

Selagi kentang masih panas, tambahkan mentega, aduk hingga mentega meleleh dan tercampur dengan kentang. Masukkan susu cair, garam dan merica, aduk rata.

Siapkan panci kecil, letakkan sebuah saringan kawat di atas panci. Kemudian saring kentang menggunakan saringan kawat dengan lubang yang jarang-jarang, dorong kentang keluar dari saringan dengan punggung sendok sehingga anda menghasilkan kentang yang halus dan lembut.

Masukkan keju cheddar parut dan masak kentang lumat dengan api kecil hingga keju lumer dan larut dengan kentang. Aduk cepat dengan spatula dan angkat.

Sajikan kentang dengan sayur rebus dan steak. Resep steak daging sapi dengan saus lada hitam menyusul ya. Super yummy!


Sumber : http://www.justtryandtaste.com/2014/02/creamy-mashed-potato-yuk-membuat.html