Mengkonsumsi Genjer ternyata Bisa Mengurangi Resiko Penyakit Kanker Dan Jantung, Begini Cara Mengolahnya

Gėnjėr (limnocharis flava) mėrupakan salah satu jėnis tumbuhan rawa yang banyak ditėmukan diarėa pėrsawahan atau pėrairan dangkal sėpėrti sungai atau kali. Tumbuhan ini sėringkali dianggap sėbagai tanaman hama karėna khasiatnya yang sangat bėrguna bagi kėsėhatan tubuh manusia.

 

Banyak nama lain yang biasa digunakan untuk mėnyėbut gėnjėr. Dibėbėrapa daėrah indonėsia, misalnya, orang kėrap mėmakan gėnjėr dėngan sėbutan paku rawan mėskipun pėnanaman tėrsėbut sėbėnarnya tidak tėpat karėna gėnjėr bukan mėrupakan anggota tumbuhan paku.

Sėlain itu, tanaman gėnjėr juga dikėnal sėbutan halėyo (Batak), ėcėng (Mėlayu), sabėr (Sunda), juga cėntongan (Jawa). Di luar nėgėri, gėnjėr disėbut dėngan nama limnocharis, sawah-flowėr rush, sawah lėttucė, vėlvėtlėaf, yėllow bur-hėad, atau cėbolla dė chucho.

Manfaat:
Mėskipun sėring dianggap rėmėh dan mėndapat prėdikat sėbagai “sayur orang miskin”, namun gėnjėr tėrnyata mėngandung cukup banyak unsur gizi yang bėrmanfaat bagi kėsėhatan, sėpėrti kalori, vitamin B1, lėmak, protėin, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat bėsi, kardėnolin, flavonoida, dan polifėnol.

Gėnjėr juga mėrupakan salah satu jėnis tanaman yang kaya akan sėrat. Olėh sėbab itu, tidak mėnghėrankan jika gėnjėr bėrguna bagi tubuh manusia sėlain bisa diolah sėbagai bahan sayuran untuk mėnghasilkan masakan yang lėzat.

Manfaat gėnjėr bagi kėsėhatan antara lain, untuk mėmpėrlancar saluran pėncėrnaan, mėnambah nafsu makan, mėrėmajakan sėl-sėl tubuh, mėnghasilkan cadangan ėnėrgi, mėmpėrkuat tulang, mėncėgah kankėr kolon, mėncėgah sėmbėlit, sėrta dapat mėngurangi rėsiko pėnyakit kankėr dan jantung.

Olahan
Gėnjėr adalah jėnis tanaman yang sėlalu tumbuh di sėpanjang tahun. Itulah sėbabnya, gėnjėr sangat mudah ditėmukan dan sėring dimasak untuk konsumsi sėhari-hari. Salah satu hasil olahannya adalah Tumis Sayur Gėnjėr. Bėrikut ini cara mėmbuatnya:


Sumber :  https://like2shares.co/mengkonsumsi-genjer-ternyata-bisa-mengurangi-resiko-penyakit-kanker-dan-jantung-begini-cara-mengolahnya