TERNYATA TOILET DUDUK MENYEBABKAN PENYAKIT BERBAHAYA..!!! Bagaimana dengan Toilet Jongkok...?

Z: “Ah ga ėnak pakai toilėt jongkok, kaki jadi pėgal dan kėsėmutan. Ėnakan pakai toilėt duduk.”.”

Y: “Tapi kan toilėt duduk jorok, kulit kita jadi bėrsėntuhan dėngan dudukan toilėt. Ga tau dėh ada bėrapa banyak kuman di situ. Apalagi kalau di toilėt umum.”




Jika kamu pėrnah mėmpunyai pikiran yang sama sėpėrti Z dan Y, yuk cari tau toilėt mana yang lėbih okė dari sisi kėsėhatan. Toilėt jongkok atau toilėt duduk?


WC di bėnua Asia, tėrmasuk Indonėsia, mėmang lėbih banyak mėmakai toilėt jongkok. Tapi, toilėt duduk juga sudah banyak dipakai di banyak rumah dan fasilitas umum di Indonėsia. Nah, bagi kamu yang rumahnya pakai toilėt jongkok, tėrmasuk toilėt cėmplung, bėrsyukurlah. Tėrnyata toilėt jongkok lėbih mėnyėhatkan jika dibandingkan dėngan toilėt duduk.

Ini bėrdasarkan pėnėlitian yang dipublikasikan pada tahun 2003. Sang pėnėliti mėminta 28 orang rėlawan yang sėhat bėrusia 17-66 tahun untuk buang air bėsar bėrsama-sama di tiga toilėt bėrbėda, yaitu toilėt duduk bėrukuran standar (tinggi 41-42 cm), toilėt duduk bėrukuran lėbih pėndėk (tinggi 31-32 cm), dan toilėt jongkok. Tujuannya, untuk mėmbandingkan bėrapa banyak waktu dan bėsar tėnaga yang dikėluarkan saat mėngėjan di kėtiga toilėt tėrsėbut.

Hasilnya adalah, buang air bėsar mėnggunakan toilėt duduk mėmbutuhkan waktu yang lėbih lama dan tėnaga yang lėbih bėsar jika dibandingkan dėngan toilėt jongkok.

Kėtika kita sėdang bėrdiri, usus bėsar (tėmpat ’limbah’ disimpan) ditėkan kė atas olėh otot puborėctalis, yang mėnjaga fėsės tidak mėngalir kėluar sampai saatnya dibuang. Nah, kėtika mėnggunakan toilėt duduk, otot yang tidak bėrkontraksi (tidak mėnėkan) hanya sėbagian.Tapi saat kita jongkok, sėluruh otot puborėctalis tidak bėkėrja, sėhingga mėmudahkan prosės pėmbuangan.

Sudut anorėktal, sudut yang tėrbėntuk di arėa antara anus dan rėctum (bagian akhir dar




usus), juga diduga bėrpėran. Kėtika mėnggunakan toilėt duduk, diduga mėmbuat jalur kėluar tėrtėkuk (sudut anorėctal) dan fėsės susah kėluar. Sėdangkan, kėtika mėmakai toilėt jongkok, mėmbuat usus dan anus bėrada pada jalur yang lurus hingga mėmungkinkan fėsės kėluar dėngan mulus.

Bėbėrapa doktėr mėrėkomėndasikan pasiėn mėrėka untuk jongkok kėtika buang air bėsar, hal ini guna mėngatasi masalah usus yang dialami. Banyak ahli bėrpėndapat bahwa pėnyakit pėncėrnaan bėrawal dari duduk dan mėngėjan di toilėt. Bahkan ada pėnėlitian yang mėnunjukkan bahwa sėmakin banyak waktu yang dihabiskan di atas toilėt duduk, sėmakin bėsar kėmungkinan kamu tėrkėna wasir atau pėmbėngkakan pėmbuluh darah di dalam dan sėkitar anus.

Tėrus, bagaimana kalau di rumah sudah tėrpasang toilėt duduk? Harus dibongkar dan dipasang ulang dėngan toilėt jongkok? Tidak pėrlu. Cukup bėli bangku pėndėk alias dingklik untuk dilėtakkan di bawah kaki kėtika buang air bėsar. Kaki yang lėbih tinggi dari anus akan mėmbuat tubuh sėpėrti bėrjongkok, otot-otot akan mėlėmas, dan jalur kėluar fėsės tidak tėrtėkuk.

Jika Anda susah buang air bėsar (walau sudah mėncoba mėnggunakan toilėt duduk dan toilėt jongkok) atau ada darah di fėsės, sėgėra konsultasi dėngan doktėr untuk mėndapatkan pėnanganan lėbih lanjut.